01 April 2011

Perjalanan Hidupku

Assalamu'alaikum....
Wahai semua pembaca baik itu teman-teman maupun orang yang belum aku kenal. Saya ingin berbagi cerita tentang sebuah pengalaman hidup seorang ekojoe.
Ketika itu beranjak dewasa semasa kuliah saya begitu baru mengetahui kehidupan sesungguhnya yang penuh dengan suka dan duka. Mulai dari hidup tanpa bersama keluarga hanya bersama teman-teman kos. gimana seoarang ekojoe harus belajar mandiri mulai dari cuci baju, strika baju itupun jarang dan sebagainya. Tapi itu semua aku jalani dengan ikhlas dan penuh kesenangan karena aku sudah merasa dewasa.
Dunia kampus memang dunianya para muda mudi yang bebas mengekspresikan pikirannya mulai tentang agama, seni, politik, akademik sampai pergaulan bebas. Waktu awal-awal semester saya masih sanggup membatasi diri dengan pergaulan teman-teman yang sudah begitu bebas. Tapi apa daya kita tidak bisa terhindar dari lingkungan yang memang sudah bigitu adanya...!!! mulai dari teman-teman yang suka nonton film blue, yang mabuk2an, pacaran sampai-sampai dulu di kampusku itu dalam setahun 15 mahasiswa hamil d luar nikah...oh tidak! Mau dibawa kemana akhlak ni...naudzu billahi mindzalik...!!!
Tapi alhamdulillah saya bisa menyibukkan diri dengan mengikuti organisasi di kampus baik itu ekstra maupun intra!salah satunya LEmbaga Dakwah Kampus...!bersambung.....

14 Februari 2009

Ada Apa Dengan Tanggal 14 Februari...???

Assalamualaikum...!!!
Mungkin sudah banyak yang tahu ada apa dengan tanggal 14 Februari 2009...!!! Mungkin di tanggal ini saya hanya bisa memberikan motivasi dan kata-kata bijak bagi teman-teman yang telah menghargai hari kasih sayang ini.

"Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.~ Mahatma Ghandi"

"Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta."

"Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka"

"Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.~ Hamka"

"Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya"

"Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. (Dale Carnagie)"

13 Februari 2009

Derby della Madonnina

Derby della Madonnina antara Inter Milan lawan AC Milan baru digelar Minggu (15/2). Pekan ini, Minggu (8/2), mereka akan menghadapi tekanan yang bisa sangat merepotkan.
Inter bertandang ke kandang Lecce. Sedangkan AC Milan menjamu Reggina. Reggina berada di posisi terakhir. Sedangkan Lecce di urutan ke-16, semakin terancam ke zona degradasi.
Di atas kertas, mereka jauh di bawah Inter maupun Milan. Tapi, karena posisi mereka yang terancam degradasi, justru akan menumbuhkan semangat besar untuk tampil habis-habisan dan meraih poin. Itu artinya, tekanan besar akan dihadapi Inter maupun Milan.
Pekan ini pun cukup krusial. Bagi Inter yang memimpin klasemen dengan nilai 50, mereka harus memenangkan pertandingan jika tak mau terus dikejar AC Milan. I Rossoneri sudah memperpendek jarak dan kini menempel di urutan kedua dengan nilai 44.
Milan sedang membaik setelah kemasukan David Beckham. Striker Alexandre Pato juga makin produktif, sudah membukukan 10 gol. Dia kemungkinan akan didung Kaka-Seedorf atau kaka-Ronaldinho. Pelatih Carlo Ancelotti merasa sudah tak cemas lagi, karena lini depannya sangat variatif. Jikapun Pato menurun, dia masih punya Filippo Inzaghi dan Andriy Shevchenko.
"Saya juga terkesan dengan Ronaldinho, Inzaghi, dan Shevchenko. Mereka banyak melakukan tendangan ke gawang," puji Ancelotti.
Reggina tetap bahaya. Pekan lalu, mereka menahan AS Roma 2-2. Striker mereka, Bernardo Corradi juga amat bahaya dan sejauh ini sudah mengemas 9 gol.
"Kami harus mempertahankan permainan yang sudah membaik. Kami siap tampil habis-habisan, meski menghadapi tim terkuat di liga ini. Kami dalam kondisi terbaik dan akan menunjukkannya," ancam defender Reggina, Gleison Santos.
Itu artinya Milan tetap akan mendapat perlawanan ketat. Namun, Inter pun juga mengalami hal sama. Sudah pasti, Lecce akan melakukan apa pun agar meraih nilai dan menjauh dari zona degradasi.
Sebab itu, pelatih Inter, Jose Mourinho, bbertekad memasang tim terbaiknya. Dia juga akan menerapkan tiga penyerang, agar kemenangan didapatkan. Karena Adriano masih dalam hukuman, maka kemungkinan Inter mengisi lini depan dengan Luis Figo, Zlatan Ibrahimovic, dan Luis Jiminez.
Pekan lalu, Inter di luar dugaan ditahan Torino 1-1. Ini tak boleh terjadi lagi, jika I Nerazzurri ingin tetap memimpin klasemen.
"Benar, kami sedikit cemas. Apalagi, setelah memimpin klasemen dalam tiga per empat kompetisi, tekanan akan semakin berat. Setiap kekalahan seolah terasa akhir dari segalanya," aku kapten Inter, Javier Zanetti.
Kecemasan Zanetti beralasan. Lecce yang hanya unggul 4 poin dari zona degradasi, semakin membaik memasuki tahun 2009. Mereka menang dan seri dua kali, serta hanya kalah sekali.
Maka, ini akan menjadi tekanan berat buat Inter dan Milan yang sama-sama berburu kemenangan demi gelar scudetto. Kekalahan akan sangat memengaruhi mental ke depannya. Apalagi, pekan berikutnya, keduanya bertemu dalam Derby della Madonnina. Derby yang selalu panas, ketat, dan menegangkan.[KC]

11 Februari 2009

Liburan ke Jogja dan Bandung kota Kembang

Asyiknya liburan bersama teman

Sabtu 30 Januari 2009 adalah hari pertama aku dalam sejarah hidupku liburan keliling jawa. Siang hari itu aku bersama temanku Fathul Qorib sedang menunggu kereta jurusan jogjakarta. Setelah beberapa menit kereta tersebut akhirnya datang juga. Kami langsung mencari tempat duduk di kereta api agar kita nanti dapat santai dan beristirahat tanpa harus berdiri di lorong-lorong gerbang kereta api yang sesak penuh dengan pengamen dan penjual jajanan. Akhirnya kereta api lempuyangan menuju jogja berangkat. Perjalanan diperkirakan 9 jam dan tiba di jogja jam 9 malam. Sebenarnya rencana kita ingin berangkat ke kota kembang dulu, tetapi jadwal menuju Bandung berangkat jam 7 pagi. Akhirnya kita memilih berangkat ke Jogja dulu jam 2 siang.
Di dalam kereta kita banyak ngobrol tentang apa yang kita rencanakan di Jogja kota kraton dan kita nanti mau nginap dimana setelah sampai di sana. Kita sepakat akan jalan-jalan di alun-alun jogja dan Malioboro. Baru pertama kali ini aku naik kereta api dalam perjalanan jauh. Ternyata capek juga duduk d sofa kereta api yang empuk itu. Akhirnya setelah 9 jam keretapun sampai di stasiun Lempuyangan Jogjakarta. Malam itupun kita mencari tempat menginap yaitu masjid di dekat stasiun tadi. Besok paginya aku baru mencari alamat maz Ayu Yuaris temen aku dulu dalam dunia maya alias kenal lewat chating dan kita juga sebelumnya sudah pernah bertemu di Bojonegoro. Ternyata maz Ayub orangnya mandiri banget sudah berani buka usaha sendiri dengan modal dia kuliah di Jogja. Setelah beberapa jam keliling untuk mencari alamat maz Ayub akhirnya sampai juga di rumahnya. Ternyata di rumah kontrakan maz Ayub, dia buka Jasa pemesanan seperti kartu nama, kaos, pin, undangan, gantungan kunci dan lain lain. Aku salut ma perjuangan maz Ayub yang dulu pernah cerita masa masa susahnya waktu kuliah di Jogja. Di jogja katanya penuh dengan tantangan. Jika kita tidak bisa mengambil sedikit peluang disana maka jangan harap kita bisa sukses.

Malioboro Jogjakarta

Esok harinya aku pamit dengan maz Ayub untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung. Tapi sebelum berangkat ke Bandung kita berpetualang mengelilingi kota Jogja dengan naik bus mini namanya Trans Jogja. Kemudian kita ke pantai Parangtritis di daerah Selatan atau daerah pantai Selatan. Setelah sampai di sana pemandangannya bagus juga. Ombaknya meliuk-meliuk di atas permukaan air laut seperti Ronaldo menggring bolanya diatas lapangan sepakbola. Kami sempat mampir untuk istirahat di gubuk yang ada di pinggir pantai Parangtritis. Eh, gak taunya itu disewakan, terpaksa kita bayar. Emang di daerah pariwisata gak ada yang namanya gratis ya...!!! Setelah puas melihat keindahan pantai Parangtritis yang dipenuhi dengan pengunjung dan kebanyakan pasangan atau dua sedjoli yang sedang dimabuk cinta. Kapan-kapan gue kalau udah ada yang punya pasti bakalan aku bawa kesana,he...3x! Kita kembali pulang dan menuju ke stasiun kereta untuk menunggu kereta api menuju Bandung. Keretapun datang pukul 20.00 yang sudah penuh terisi penumpang. Berangkatlah kereta menuju kota Kembang.
Kereta api singgah di stasiun Cimindi kota Cimahi. Ternyata di Bandung kotanya ramai juga ya! aku tidak pernah membayangkan kalau bakal sampai ke kota Kembang ini. Akupun menuju rumah Bulek Iim di kampung Cipatat. Akhirnya sampai juga disana dengan rasa penasaran yang luar biasa. Kami istirahat dua hari disana. Kita sempat mencoba mendaki gunung yang ada di dekat kampung Cipatat. Aku masih ingat dulu waktu pramuka di zaman SMP. Ternyata capek juga ya manjat gunung. Setelah itu aku pamit pulang ke Ngawi. Tapi aku sempatkan mampir ke kampus ITB dimana temanku kuliah di sana. Namanya Bayu Dharmawan dan Reza Yudha. Mereka adalah putra daerah kota minya bojonegoro. Mudah-mudaha aku juga dapat cipratan kepintaran mereka, he...3x!!! Kami sempatkan istirahat di kos teman aku. Ternyata setelah aku mleihat kota Bandung, ceweknya cantik-cantik lho, putih-putih lagi. Kapan ya punya cewek orang Sunda...ha..ha..ha..!! ngimpi kali....!! Akhirnya kita menuju stasiun Kiara Condong untuk perjalanan pulang ke Ngawi rumah nenek aku. Kami semapt berkenalan dengan mbak tri orang Kuterjo Purwerejo. Kita ngobrol banyak tentang daerah kita. Akhirnya kereta datang dan kita melanjutkan petualang kita liburan semsester ganjil yang lumayan lama. Aku kira setelah masuk kereta kita tidak dapat tempat duduk. Setelah kita cari no duduk kita akhirnya dapat juga. Waduh senengya duduk di pinggir cewek cantik yang katanya dia anak Jogja Klaten. Dia jilbaban lho. Aku dulu gak sempat tanya namanya, soalnya kita asyik ngobrol di atas kereta api. Anaknya baik hati dan perhatian lho. Seneng banget bisa berkenalan dengan dia.
Akhirnya kereta api sampai di Walikukun Ngawi pukul 08.oo pagi. Setelah sampai kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Sidowaya rumah nenek aku. Aku dijemput Paman aku di sidowayah. Malam harinya aku pijat di rumah Bulek Tri karena perjalanan yang melelahkan sehingga semua rusuk tulangku sakit semua seperti habis digebukin. Esok harinya aku ke rumah nenek. Eh ternyata Yuli temen semasa kecilku ketika aku liburan ke rumah simbah di Ngawi. Aku mampir ke rumahnya. Ternyata penampilannya sekarang sedikit berubah. Dulu dia waktu SMA orangnya tinggi putih dan cantik. Dulu aku sempat suka sama dia. Sekarang Yuli orangnya agak gemuk dikit dan pipinya tembem...jadi lucu liatnya! Esok harinya aku puang ke Bojonegoro rumahku tercinta. Akhirnnya perjalanan liburan bersama teman mengasyikkan juga...!!! Sampai ketemu di liburan-liburan berikutnya ...by....!!!! ^_^

24 Januari 2009

Rahasia Terbesar Dunia Penulisan

Bila Anda sedang membaca tulisan ini, Selamat! Sebab Anda adalah PENULIS YANG HEBAT! Tahukah Anda, pertanyaan apa yang paling sering diajukan oleh para penulis? Ya, betul! Pertanyaan-pertanyaan seputar ide tulisan, bagaimana caranya agar tidak mentok ketika menulis, bagaimana cara mengembangkan ide tulisan, dan seterusnya. Banyak penulis yang bingung ketika harus memulai menulis. “Apa yang pertama kali harus saya tulis?”
Banyak pula yang sudah punya ribuan ide di kepala, tapi tetap bingung bagaimana harus menuangkannya ke dalam tulisan. Apakah Anda juga mengalami hal seperti itu? Saya yakin, setiap penulis PERNAH mengalaminya. Karena itulah, tulisan ini saya beri judul “Rahasia Terbesar Dunia Penulisan”. Sebab kiat yang akan disampaikan di sini, berhubungan era t dengan PERTANYAAN TERBESAR tadi. Bagaimana caranya agar kita lancar dalam menulis? Bagaimana caranya agar tidak mentok lagi?
***
Oke, saya akan beberkan RAHASIA TERBESAR tersebut. Saya menyebutnya sebagai RAHASIA TERBESAR, karena ini adalah salah satu kunci sukses Anda untuk mewujudkan impian menjadi penulis sukses. RAHASIA SUKSES TERSEBUT adalah:
Otak kanan dulu, baru otak kiri
“Apa maksudnya?”
Begini:
Otak kanan adalah otak yang penuh kreativitas, suka spontanitas, kebebasan sebebas-bebasnya, dan tak peduli pada aturan apapun. Sementara otak kiri adalah otak yang suka menganalisis, berpikir, dan mempertimbangkan banyak hal. Nah, banyak orang yang sulit dalam menulis, bingung harus mulai dari mana, bahkan mandeg dalam menuangkan ide. Tahukah Anda apa sebabnya? Tak lain dan tak bukan karena mereka memulai menulis dengan otak kiri. Mereka menulis dengan penuh pertimbangan, penuh analisis, banyak berpikir, sehingga tulisan mereka tak jadi -jadi, bahkan kemungkinan besar belum mulai-mulai juga.
Yang lebih tragis, mereka telah mendapatkan (membaca atau mendengar) banyak TEORI DAN KIAT PENULISAN. Teori-teori tersebut memenuhi otak kiri dan menghantui proses kreatif mereka dalam menulis. Akibatnya, setiap kali mulai menulis, teori -teori tersebut terus-menerus menghantui mereka. Mereka pun semakin banyak berpikir, semakin banyak pertimbangan, semakin banyak analisis. “Apakah tulisan yang saya buat ini sesuai dengan teori A? Apakah tulisan in tidak bertentangan dengan teori B? Apakah tulisan saya ini ada landasan teorinya?” Hm... ketahuilah sahabatku: Bila Anda mulai menulis dengan cara seperti itu, percayalah bahwa Anda tak akan pernah berhasil membuat satu tulisan pun! Rahasia Terbesar Dunia Penulisan _ Newsletter BelajarMenulis.com 3 Karena itulah, Anda perlu menerapkan rahasia terbesar yang saya tulis di atas:
“Otak kanan dulu, baru otak kiri”
Maksudnya:
Mulailah menulis dengan penuh kebebasan. Jangan hiraukan teori apapun. Tuangkan semua ide Anda secara bebas, semau-mau Anda, sesuka-suka Anda. Jangan pikirkan apapun kecuali satu hal: “Pokoknya tulisan ini harus se lesai!” Nah, bila Anda mulai menulis dengan cara seperti itu, maka itu adalah langkah yang benar, karena yang pertama kali Anda gunakan adalah otak kanan Anda. Insya Allah, proses menulis Anda akan sangat lancar, tulisan Anda pun bisa selesai dalam waktu singkat. Setelah tulisan selesai, silahkan istirahatkan otak kanan Anda. Sekarang saatnya beralih ke otak kiri. Biarkan dia bekerja. Ingatlah seabreg teori dan kiat penulisan yang telah Anda dapatkan.
Lalu mulailah berpikir:
- O, paragraf dua ini sepertinya agah aneh, deh.
- Kalimat yang ini kok tidak sesuai EYD?
- Penggambaran karakter tokoh yang saya buat kok tidak sesuai dengan teori “kiat
membangun karakter tokoh” yang baru kemarin saya baca?
- Opini yang saya tulis kok terlalu lemah dan landasan teorinya ku rang, ya? Apa
perlu saya lengkapi lagi datanya?
- Dan seterusnya dan seterusnya.
Nah, ketika sedang menggunakan otak kiri inilah Anda bebas mengedit dan merevisi tulisan Anda. Permaklah ia sehingga lebih bagus, lebih berkualitas.
PANTANGAN TERBESAR:
Jangan biarkan otak kiri Anda ikut nimbrung ketika otak kanan Anda masih sibuk bekerja. Dengan kata lain: Jangan mengedit atau merevisi tulisan Anda sebelum ia benar -benar selesai. Teruslah menulis sesuka Anda, dengan cara apapun yang Anda inginkan. Proses editing atau revisi baru boleh dikerjakan bila tulisan Anda sudah selesai. Bila Anda membiarkan otak kiri masuk ketika otak kanan sedang bekerja, percayalah bahwa itu akan menyebabkan proses penulisan Anda menjadi lambat, bahkan mungkin mandeg. Anda pun jadi bingung luar biasa.
Kesimpulannya:
Walau Anda memiliki banyak koleksi teori dan kiat penulisan, mohon agar menggunakannya secara tepat. Gunakan dia untuk otak kiri, bukan untuk otak kanan. Percayalah! Otak kanan tidak membutuhkan teori apapun! Setiap kali mulai menulis, biasakanlah untuk menggunakan otak kanan Anda terlebih dahulu.
Inilah rahasia terbesar di bidang penulisan yang perlu kita ketahui bersama.
Semoga bermanfaat. Salam sukses!